PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI MASA PANDEMI

Senin, 27 Juli 2020 - 21:09:17 WIB
Dibaca: 49 kali

Pada masa pandemi COVID-19 ini kegiatan dosen harus tetap berjalan seperti biasa, ada target-target kegiatan yang tetap harus terpenuhi. Salah satunya adalah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). PkM merupakan darma ke tiga dalam tridharma perguruan tinggi. Kegiatan ini adalah bentuk aplikasi ke dunia nyata bagi para akademisi perguruan tinggi, tidak terkecuali para dosen. Meskipun selama ini selalu memberikan teori didalam bentuk perkuliahan kelas tentunya perlu juga diaplikasikan ke masyarakat apa saja yang selama ini di ajarkan di bangku perkuliahan.

Dosen-dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya disela sela liburan perkuliahan dan pada masa New Normal melakukan aktivitas pengabdian kepada masyarakat di dua desa yaitu Desa Jintel dan Desa Talun kecamatan Rejoso kabupaten Nganjuk. Selain sebagai bentuk aplikasi ke masyarakat kegiatan PkM juga dilakukan sebagai sarana meningkatkan Kinerja Dosen di bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan dilakukan dengan tetap melakukan protokol kesehatan yaitu tetap menjaga jarak antara peserta dan pemateri.

Kegiatan yang telah dilakukan pada tanggal 14 sampai dengan 16 Juli 2020 itu menurut Drs. Radjikan, M.Si selaku ketua pelaksana kegiatan PkM terdapat 8 bidang pengabdian yang dilakukan di kecamatan Grogol yaitu 1. Bidang Aset Desa dan APBDes ; 2. Bidang BPD; 3. Bidang BUMDes; 4. Bidang Kearsipan; 5. Bidang Perdes; 6.  Bidang Pelayanan; 7. Bidang Aplikasi Komputer; 8. Bidang Kewirausahaan. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan penyuluhan dan pendampingan bagi aparatur desa.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap keberlangsungan semua proses administrasi di Desa Jintel dan Desa Talun kecamatan Rejoso kabupaten Nganjuk. (AFA)