Home

Mewarnai Melalui Media Cangkang Telur dapat Mengasah Motorik Anak

Kemampuan imajinasi dan belajar seorang anak sangatlah besar. Dengan memberikan permainan kepada anak, aktivitas kesenian dapat membantu untuk mengembangkan dan meningkatkan imajinasi dan kreativitasnya. Hal inilah yang menjadi dasar Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non-Reguler UNTAG Surabaya mengadakan ‘’Pelatihan Peningkatan Kreatifitas Mewarnai Menggunakan Media Cangkang Telur’’ di Sekolah TK Dharma Wanita Persatuan Tulung Desa Tulung, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Senin (02/06/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan Devisi Pendidikan dan Kesehatan (Penkes) tersebut untuk menerapkan kreatifitas kepada anak-anak yang ada di TK Dharma Wanita Persatuan Tulung. Tinwarul Nur Lailiyah Ketua Divisi Penkes mengatakan, mewarnai merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak.

‘’Dari menggambar atau mewarnai anak-anak bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Hasil dari mewarnai dapat menunjukkan tingkat kreatifitas dan suasana hati anak,’’ kata Lailiyah.

Mahasiswa angkatan 2015 itu lebih lanjut menjelaskan, bahwa dengan menerapkan kreatifitas kepada anak-anak yang ada di TK Dharma Wanita Persatuan Tulung, maka anak-anak akan memiliki imajinasi yang tinggi dan bermanfaat untuk lingkungan luar nantinya. Menurut dia, anak-anak akan memahami tentang imajinasi untuk digunakan sebagai media mewarnai pada gambar dan dengan menggunakan media cangkang telur juga dapat mengasah motorik halus mereka.

‘’Seni dapat membantu anak untuk mengekspresikan dirinya dan membantu kreativitasnya melalui kegiatan mengekplorasi warna, tekstur dan bentuk,’’ ungkapnya kepada warta17agustus.com.

Selain itu, Dekki Abdillah Sulayah selaku penanggung jawab kegiatan menambahkan, biasanya mewarnai hanya dilakukan dengan media pewarna pensil dan krayon, tetapi pada pelatihan ini justru menggunakan media yang berbeda dari biasanya.

‘’Dari kegiatan ini akan memberikan dampak bahwa dengan media lain seperti memanfaatkan cangkang telur yang sudah terbuang dapat dijadikan media mewarnai pula. Selain akan menghasilkan karya kolase yang menarik juga dapat mengajarkan pada murid untuk memanfaatkan sampah,’’ tutur mahasiswa Teknik Industri itu.

Dengan adanya kegiatan pelatihan peningkatan kreatifitas pada siswa-siswi TK Dharma Wanita Persatuan diharapkan dapat membantu guru untuk menambah materi pengasahan kreatifitas pada anak didiknya.

‘’Kegiatan ini benar memberikan manfaat bagi peningkatan kreatifitas siswa-siswi TK dengan adanya surat pernyatan dari pihak sekolah,’’ ungkapnya.



Sumber Berita: http://warta17agustus.com/berita-mewarnai-melalui-media-cangkang-telur-dapat-mengasah-motorik-anak.html#ixzz5KFDFvg76 
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial No Derivatives

Pengumuman

Search

E-JOURNAL