Magister Ilmu Administrasi

Magister Ilmu Administrasi

Globalisasi yang terjadi pada bidang sosial, politik, dan ekonomi membuat permasalahan pembangunan yang dihadapi oleh pemerintah pusat dan daerah semakin kompleks. Oleh sebab itu permasalahan dan tantangan pembangunan merupakan permasalahan yang multidimensional antara yang satu terkait dengan yang lainnya. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut diperlukan adanya sumberdaya aparatur yang memiliki kemampuan profesional tinggi, memiliki kemampuan mengintegrasikan berbagai pendekatan disiplin ilmu secara efektif.

Program Studi Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (DIA FISIP-UNTAG Surabaya) mempunyai visi “Menjadi Program Studi Magister Ilmu Administrasi yang berdaya saing tinggi, bernilai dan berkarakter dalam rentang waktu 2013-2017”. Visi tersebut diterjemahkan kedalam misi ; Menyelenggarakan dan mengembanghkan public administration yang berdaya saing tinggi melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menyelenggarakan dan mengembangkan public administration yang bernilai akademik, social budaya dalam mencerdaskan dan memajukan pembangunan, serta menyelenggarakan dan mengembangkan public administration yang berkarakter, menekankan aspek kejujuran, kerjasama, dan peduli.

Pendidikan magister diarahkan untuk mendidik ilmuwan yang mampu meningkatkan peran dalam keilmuan dan pembangun. Dengan demikian, mereka yang menempuh jenjang pendidikan program magister dituntut dapat meningkatkan kemampuan keilmuan melalui jalur penelitian dan pengembangannya. Penelitian yang dilakukan untuk menyusun tesis ialah kegiatan akademik ilmiah yang menggunakan penalaran empiris atau non-empiris dan memenuhi syarat metodologi disiplin ilmu. Penelitian dilaksanakan berdasarkan usulan penelitian yang telah disetujui oleh pembimbing dan panitia penilai usulan penelitian disertasi, dan telah diseminarkan.

 

TUJUAN PENDIDIKAN

Program Studi Magister Ilmu Administrasi (MA) dirancang dengan muatan teoritis dan praktis operasional untuk memenuhi kebutuhan para akademisi dan kebutuhan para praktisi birokrasi dengan tujuan:

  • Memiliki wawasan dan pengetahuan administrasi publik yang luas, mampu memahami permasalahan-permasalahan yang kompleks, mampu mengantisipasi dan tanggap terhadap permasalahan administrasi publik yang selalu berkembang, dan mampu menerapkan seperangkat analisis secara teoritis-konsepsional dan praktis operasional untuk menyelesaikan persoalan-persoalan pembangunan.
  • Mampu menganalisis, merencanakan, merumuskan, melaksanakan, mengendalikan, dan mengevaluasi kebijakan publik secara tepat dan rasional.
  • Mampu melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang kebijakan publik, secara mandiri maupun dalam bentuk kerjasama.
  • Mampu berinteraksi secara akademis maupun profesional terhadap perubahan dan dinamika yang berkembang sangat cepat di lingkungan sosial, politik, ekonomi dan administrasi publik.