Workshop Outcome Based Education (OBE)

Rabu, 09 Juni 2021 - 16:23:32 WIB
Dibaca: 62 kali

 

Kualitas SDM menjadi ujung tombak bagi sebuah lembaga, baik itu instansi pemerintah maupun swasta. Perguruan tinggi adalah salah satu lembaga yang mencetak SDM, dimana kualitas lulusan menjadi barometer bagus tidaknya sebuah perguruan tinggi. Kurikulum, Capaian Pembelajaran (CP), Tracer Study, masa tunggu lulusan, kepuasan pengguna, adalah beberapa indikator yang menjadi penilaian oleh BAN-PT. 
Dari sisi kurikulum bisa dilihat perkembangan dan perubahan yang terus berkembang demikian cepat.  KBI, KBK, KKNI, SNPT adalah beberapa istilah yang ada dalam perubahan kurikulum perguruan tinggi. Pencanangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) oleh pemerintah mengharuskan perguruan tinggi untuk melakukan perubahan ataupun inovasi terhadap kurikulum yang telah berjalan. Salah satu inovasi yang harus dilakukan adalah outcome based education (OBE).
Dalam rangka mengikuti perubahan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) maka fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merasa perlu untuk memberikan pembekalan terhadap dosen-dosen 
dengan mengadakan workshop outcome based education (OBE).
Dr. Dra. Rachmawati Novaria, MM Dekan FISIP dalam sambutan pembukaannya menyampaikan harapanya bahwa, dengan adanya workshop ini semua dosen bisa menyesuaikan RPS yang sudah ada agar bisa selaras dengan kurikulum MBKM. OBE orientasinya adalah pendekatan sistem pembelajaran, dimana saat ini  mahasiswa diwajibkan belajar diluar program studi, mahasiswa juga diberikan kesempatan magang untuk lebih menajamkan penguasaannya terhadap sebuah matakuliah. Selanjutnya pihak fakultas bersama-sama dengan prodi juga harus banyak melakukan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk mendukung capaian pembelajaran matakuliah maupun capaian pembelajaran program studi ungkap bu Nova sapaan bu Dekan.
Acara yang di bagi di dua tempat, masing-masing dengan pembicara yang berbeda. Program studi Ilmu Komunikasi mendatangkan pembicara Dr. Catur Suratnoaji, M.Si dari UPN Surabaya, sedangkan program studi Administrasi Negara dan Administrasi Niaga mendatangkan pembicara Dr. M.R. Khairul Muluk, MSi. dari FIA Universitas Brawijaya Malang.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya