Yudisium dan Penggelaran Semester Gasal 2019

Rabu, 19 Februari 2020 - 11:47:52 WIB
Dibaca: 137 kali

Hari ini, rabu 19 Pebruari 2020 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menghelat sebuah acara semesteran yaitu Penggelaran Yudisium Lulusan periode semester Gasal 2019/2020. Acara yang berlangsung di gedung Graha Wiyata Lantai 9 Untag Surabaya berlangsung penuh khidmat dan penuh nuansa kebahagiaan. Para lulusan yang pada hari ini dikukuhkan oleh Dekan Fakultas disaksikan oleh orang tua maupun wali mereka.

Untuk Penggelaran Semester Gasal Tahun Akademik 2019-2020, jumlah lulusan seluruhnya sebanya 88 orang, terdiri dari: Prodi Administrasi Negara: 10 orang; Prodi Administrasi Niaga : 20 orang; Prodi Ilmu Komunikasi : 45 orang; Program Magister Ilmu Administrasi Publik : 4 orang dan Program Doktor Ilmu Administrasi : 9 orang

Dr. Endro Tjahjono, MM selaku Dekan dalam sambutannya menyampaikan bahwa secara berkesinambungan FISIP akan melakukan penyempurnaan kurikulum, melalui evaluasi simultan yang melibatkan stakeholders termasuk mahasiswa, lulusan, pengguna dan alumni. Pada tahun ini, FISIP akan memfokuskan pengembangan kurikulum pada aspek Enterpreneurship. Enterpreneurship di sini bukan berarti mendorong semua lulusan menjadi pedagang, pebisnis atau pengusaha, tetapi lebih kepada semangat pantang menyerahnya.

Mengutip Howard Stevenson, Enterpreneurship adalah tentang bagaimana mengejar dan bukan menunggu peluang. Mentalitas ini yang perlu dibangun lebih masif, agar tak ada lagi sarjana pengangguran, karena sesungguhnya peluang kerja dan berusaha banyak terdapat di sekitar kita, menunggu kita untuk menjemputnya.

Sejauh ini, FISIP merupakan fakultas pertama di Untag yang menginisiasi Inkubator Bisnis, FISP juga telah memiliki toko online sebagai marketplace untuk jaringan promosi usaha barang dan jasa mahasiswa, alumni, dosen dan masyarakat umum melalui fista dot com.

Melalui roadmap penelitian dan pengabdian FISIP, juga berfokus pada sustainible development and living, pembangunan dan cara hidup berkelanjutan, FISIP juga akan mengembangkan kurikulum berbasis lingkungan. Visi kami melihat bahwa ke depan, program studi yang kami miliki baik Strata 1 Administrasi Bisnis, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi, juga Magister Administrasi dan Doktor Ilmu Administrasi. Diakhir sambutanya Dekan menyampaikan bahwa seluruh aktivitas manusia pada dasarnya hanya akan bisa optimal apabila memperhitungkan, mempedulikan dan selaras dengan lingkungan. (wyd)