PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI KECAMATAN PALANG TUBAN

Senin, 17 Mei 2021 - 13:40:12 WIB
Dibaca: 65 kali

Pada masa pandemic seperti saat ini, beberapa kegiatan harus dilakukan secara Online, namun demikian ada beberapa kegiatan yang kurang bisa dikerjakan melalui Online. Salah satu kegitan tersebut adalah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)  merupakan darma ke tiga dalam tridharma perguruan tinggi. kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi ke dunia nyata bagi para akademisi perguruan tinggi. tidak terkecuali para dosen. Meskipun selama ini selalu memberikan teori didalam bentuk perkuliahan kelas tentunya perlu juga diaplikasikan ke masyarakat apa saja yang selama ini di ajarkan di bangku perkuliahan.

Dosen-dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya disela sela liburan perkuliahan melakukan aktivitas pengabdian kepada masyarakat di kecamatan Palang kabupaten Tuban. Selain sebagai bentuk aplikasi ke masyarakat kegiatan PkM juga dilakukan sebagai sarana pemenuhan tugas sebagai dosen bersertifikasi.

Kegiatan yang telah dilakukan pada tanggal 6 sampai 8 April 2021 itu menurut Drs. Radjikan, M.Si selaku ketua pelaksana kegiatan PkM terdapat 9 bidang pengabdian yang dilakukan di kecamatan Palang yaitu 1. Bidang bidang APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa); 2. Bidang Aset Desa; 3. Bidang BPD (Badan Permusyawaratan Desa); 4. Bidang PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga); 5. Bidang Kearsipan; 6.  Bidang PerDes (Peraturan Desa); 7. Bidang Pelayanan Publik; 8. Bidang Aplikasi Komputer; 9. BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)

Kegiatan yang di buka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Dra. Rachmawati Novaria, MM diikuti oleh 19 dosen dan berlangsung selama tiga hari. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap keberlangsungan semua proses administrasi di Sumurgung dan Tasikmadu Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.

Kegiatan diakhiri dengan sumbangan alumni program Doktor Ilmu Administrasi serta adanya penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan pemerintah daerah Kecamatan Palang dengan pihak Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. (wyd)


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya