Melangkah Maju dalam Pendidikan Keagamaan: Mengupas Tata Kelola Administrasi Madrasah Ma arif Ambulu
13 Mei 2024
  • 1463

Melangkah Maju dalam Pendidikan Keagamaan: Mengupas Tata Kelola Administrasi Madrasah Ma arif Ambulu

Judul Artikel: Tata Kelola Birokrasi dalam Pengembangan Administrasi Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Kabupaten Jember

Promovendus: Abdul Hadi
Promotor: Prof. Dr. V. Rudy Handoko, M.S
Co-Promotor: Dr. Dra. Rachmawati Novaria, M.M

Abstrak:
Pengembangan pendidikan keagamaan menghadapi tantangan dalam persaingan global, terutama terkait dengan tata kelola birokrasi yang belum profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tata kelola birokrasi dalam pengembangan administrasi Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif Ambulu, sebuah lembaga pendidikan agama yang dikelola oleh LP Ma’arif NU dan telah berhasil meningkatkan mutu pendidikannya. Fokus penelitian ini adalah pada tiga aspek penting dalam tata kelola birokrasi, yaitu tata kelola aturan, kewenangan, dan distribusi kerja dalam konteks pengembangan administrasi pendidikan Ma’arif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan tahapan kondensasi, koleksi, display, dan konklusi temuan. Hasil penelitian menghasilkan model tata kelola birokrasi yang mencakup tiga komponen utama: tata kelola aturan, kewenangan, dan distribusi kerja. Proses tata kelola aturan didasarkan pada penilaian internal dan eksternal. Tata kelola kewenangan terdiri dari custom authority yang mengintegrasikan model rasional legal dan transformative charisma authority. Sedangkan tata kelola distribusi kerja dilakukan dengan memastikan kualitas kepemimpinan madrasah, dukungan sumber daya, supervisi staf, analisis internal-eksternal, dan memperhatikan nilai kerja serta modernisasi. Distribusi kerja didasarkan pada tingkat komitmen dan kompetensi staf. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang tata kelola birokrasi dalam pengembangan administrasi pendidikan di Madrasah Ma’arif.

Kata Kunci: Tata Kelola, Birokrasi, Administrasi, Ma’arif, Madrasah

Naskah Telah Terbit di:
Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science
ISSN: 2808 7399
Link Artikel

back top